Konsep dari Desain Bangku dan Kursi Sekolah

 

Desain merupakan bentuk dari suatu proses pemikiran dan merupakan wujud dari sebuah konsep perancang. Konsep menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah ide atau pengertian yang diabstraksikan dari peristiwa konkrit. Lalu menurut Oxford Dictionary of Current English (1987) Concept is idea undelying a class of things. Dari dua pengertian di atas dapat dijelaskan bahwa konsep merupakan ide dasar dari sebuah pemikiran, sehingga masih bersifat abstrak dan tidak dapat dilihat secara fisik, namun hanya dapat dirasakan keberadaannya. Konsep desain sebagai ide dasar dari suatu pemikiran yang melandasi proses perancangan sebuah desain. Galt Furniture (1999) mengemukakan 6 konsep perancangan desain bangku dan kursi, diantaranya

a) folding

b) stacking

c) portable

d) knock down

e) adjustable

f) combination

Berikut ini paparan 6 konsep tersebut.

a) Folding

yaitu suatu konsep yang dapat dilipat. Konsep ini lebih menekankan kepada upaya untuk meningkatkan efesiensi dalam hal pengangkutan atau penyimpanannya.

b) Stacking

yaitu konsep yang dapat ditumpuk. Seperti pada konsep folding yang berupaya memudahkan dan menghemat ruang dalam hal penyimpanannya.

c) Portable

yaitu konsep yang menekankan kemudahan untuk dipindahkan atau mobilitas produk tersebut. Biasanya cukup ringan atau diberi roda pada bagian dasarnya sehingga mudah dipindahkan.

d) Knock down

yaitu suatu konsep yang dapat dibongkar-pasang. Konsep desain ini berupa komponen-komponen secara terpisah yang bisa dibongkar pasang secara mudah dan cepat. Konsep ini lebih menekankan pertimbangan efesiensi untuk penyimpanan atau pengangkutan

e) Adjustable

yaitu suatu konsep yang dapat disetel atau disesuaikan dengan kebutuhan pemakai. Konsep ini banyak diterapkan pada kursi kantor yang bisa diatur sedemikian rupa, untuk mendapat posisi duduk yang nyaman sesuai aktivitas yang dilakukn pemakainya.

e) Combination (modular)

yaitu suatu konsep yang terdiri dari modul-modul (bagian-bagian) yang bisa dirangkai atau disusun sesuai dengan kebutuhan pemakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *