4 Panduan Merawat Mobiler Kelas

Mobiler kelas secara detail dapat ditemukan oleh siswa dalam daftar inventaris barang yang ditempel pada dinding kelas. Ada lemari, meja kursi guru & siswa, papan tulis dan lain-lain.

Mobiler kelas yang dipakai siswa secara langsung adalah meja belajar dan kursi tempat duduk. Umumnya meja dan kursi siswa terbuat dari kayu. Sering meja kursi ini mengalami kerusakan sehingga tidak layak pakai. Penggantian dilakukan apabila sudah patut diperbaiki melalui mata anggaran di sekolah seperti dana BOS dan sumbangan orangtua murid melalui komite sekolah.

Penyebab kerusakan meja dan kursi sering disebabkan kurangnya perhatian siswa untuk merawatnya. Ada pula siswa yang merasa tak perlu merawat karena apabila mobiler ini rusak akan diganti melalui dana dari pemerintah.

Berikut 4 panduan penting agar mobiler kelas terawat dengan baik dan bertahan lama:

1. Menumbuhkan Kesadaran pada Siswa

Kenyataannya kadang-kadang penumbuhan kesadaran semata belumlah efektif tanpa penjelasan apa manfaatnya merawat meja dan kursi, bagaimana resikonya jika mobiler sering mengalami kerusakan dan penggantian.

2. Melakukan Pengawasan oleh Guru

Pengawasan dapat dilakukan ketika pembelajaran berlangsung. Jika ada tindakan siswa yang mengancam keselamatan meja dan kursi, seperti menarik atau mendorong dengan kasar, membanting kursi, dan sebagainya. Maka guru dapat memberi teguran maupun nasihat.

Bagaimana ketika sedang jam istirahat? Saat itu tidak ada guru yang berada di dalam kelas. Sebagian siswa akan berada di dalam kelas. Bukan berarti wali kelas harus di kelas pada waktu jam istirahat, tapi wali kelas dapat mendelegasikan tugasnya pada ketua kelas atau pengurus kelas lainnya.

3. Memberi Label pada Meja dan Kursi

Memberi label meja dan kursi dengan nama siswa yang menggunakannya termasuk cara ampuh untuk merawat mobiler kelas. Dengan label tersebut, setiap siswa merasa bertanggungjawab atas keselamatan meja dan kursinya masing-masing.

4. Menaikkan Kursi ke Atas Meja

Ketika jam belajar di sekolah berakhir, siswa harus menaikkan kursi ke atas meja masing-masing. Ketika petugas piket kelas bertugas keesokkan harinya, meja dan kursi tak perlu ditarik atau didorong saat menyapu ruangan kelas.

Demikianlah 4 panduan merawat mobiler kelas, terutama meja dan kursi siswa. Mudah-mudahan dengan menerapkan panduan tersebut mobiler kelas tetap layak pakai dan bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *