4 Tips Membiasakan Gemar Menabung dan Berbagi pada Anak Sejak Dini

Memiliki anak yang gemar menabung dan berbagi menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Tentu saja uang yang digunakan bukan murni milik orang tua, melainkan menyisihkan dari uang jajannya. Nah, jika Anda ingin memiliki anak seperti ini, ada beberapa tips parenting yang harus dibiasakan mereka sejak dini. Berikut 4 di antaranya.

  1. Berikan Benda Alternatif

Senang jajan dan ingin memiliki mainan yang menarik perhatiannya dalam sekali lihat merupakan hal yang wajar untuk anak kecil. Anda tidak bisa membohonginya dengan mengatakan bahwa barang mainan tersebut berbahaya.

Apalagi jika ada anak sebayanya yang membeli mainan tersebut, maka Anda bisa dicap sebagai pembohong. Tapi, jika semua mainan yang membuatnya tertarik dibanderol dengan harga selangit, bisa mengganggu kesehatan finansial Anda. Untuk mengatasi masalah ini, tidak ada cara yang lebih bijak selain memberinya benda alternatif dengan harga lebih murah.

  1. Membeli Barang dari Uang Sendiri

Sekaya atau sesukses apapun Anda, sebaiknya hindari kebiasaan menuruti semua keinginan buah hati tanpa memandang penting tidaknya barang yang diinginkannya. Kalaupun memang penting dan dibutuhkan, sebaiknya anjurkan untuk menggunakan uang tabungannya sendiri.

Dengan cara ini, anak belajar untuk bersabar menunggu uang tabungannya terkumpul dan menghargai barang yang dibeli dari uangnya sendiri. Jika barang yang diinginkannya terlampau mahal, misalnya sepatu roda atau akuarium mini, Anda bisa menyediakan separuh dana dan separuhnya lagi minta anak untuk melengkapinya.

  1. Melatih Anak Hidup Hemat

Tips parenting ketiga ini masih ada hubungannya dengan tips pertama dan kedua, yaitu melatih anak untuk hidup hemat. Ajarkan anak Anda untuk membatasi jajan dan menyisihkan uang untuk menabung.

Anda bisa memberikannya celengan atau membuat tabungan bank atas namanya. Tentu saja anak Anda yang mengisi celengan dan tabungan tersebut. Jika celengan, bisa diisi tiap hari, sedangkan tabungan, bisa dikumpulkan dulu pada Anda lalu ditabungkan setelah sepekan.

  1. Ajak ke Panti Asuhan

Tips lainnya adalah dengan menganjurkan anak gemar bersedekah dan berbagi. Jika anak Anda memiliki banyak mainan yang masih bagus tapi jarang dimainkan, sebaiknya kumpulkan dalam karton lalu sumbangkan. Anda bisa menyumbangkannya ke tetangga atau desa terdekat yang banyak anak tapi orang tuanya tidak mampu membelikan mainan.

Bisa juga Anda sumbangkan ke panti asuhan. Anda bisa sekalian mengajaknya ke panti asuhan agar anak memiliki empati dan simpati pada anak-anak yang ditinggal orang tuanya. Dari rasa empati tersebut, bukan tidak mungkin untuknya berbagi dengan memberikan mainan dan pakaian baru dari uang tabungannya pada anak-anak tersebut.

Tips parenting lainnya yang paling ampuh agar anak terbiasa hidup hemat dan gemar berbagi adalah dengan memberi contoh langsung dari Anda sendiri. Karena orang yang pertama dan paling sering ditiru anak adalah orang terdekatnya, utamanya Anda sebagai orang tuanya.